Kamis, Maret 16, 2006

Hanya Manusia

Hmmm, huaaaahhhhh, huk uhukuhuk!
Pa kabar semuaaaaa???!! Whuaaaahhhh,pada sibuk banget nih pasti.. smoga kesibukannya selalu dalam ridho Alloh yah…amin
Btw, ada sebuah cerita yang mungkin bisa diambil hikmahnya.. insya Alloh boleh dibagi,nama tokoh utamanya sengaja di sembunyikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (hehehe kayak apaan aja yah!)
Ini tentang seorang aktivis salah satu organisasi islam di kampus,sy kenal “ikhwan” ini sebagai orang yang lumayan lah baik,hanif,sudah paham tapi masih gokil-gokil gitu,gaul, dan boleh dibilang masih cair lah… kayak sy kali yah (duh jadi malu deh ngaku sendiri)… anaknya asik banget buat kerja bareng, semangat dan selalu pengen kenal ma orang2 baru alias bikin jaringan.. sy kenal dia di tingkat dua, orangnya impulsif,ekspresif dan sangat mengagungkan persahabatan soalnya dia rela deh ngelakuin apa aja buat sobatnya mau cewek or cowok… intinya sih orangnya menyenangkan deh (buat sy hwehwehwe,tapi jangan mikir macem2 yah…he’s really not that kind of man who can made me in love :p).. selama kenal dia tuh, kerjaan2 sy bareng dia pasti beres.. kreatif abis,suka cerita segala rupa ama sy dan memaksa sy untuk cerita juga ma dia, cerita2nya juga outrages (seru bin heboh),kayaknya tuh dia punya dunia sendiri yang seru bgt untuk diceritain… all about him and his world… dan tentunya dia paling sering cerita tentang sobat2 ikhwannya… tadinya sy sempet takut juga jangan2 dia suka cerita2 ke sy krn ada bibit2 virus merah jambu nih ma sy (GR mampus hehehe) tapi ternyata dia emang orangnya EMBER BOCOR yang bisa cerita ma siapa aja di dunia ini tentang hidupnya dan dunianya serta tentang sobat2nya bahkan tentang pengajiannya.. sableng ! dan kebetulan juga katanya sy tuh perempuan yang gak perlu dia khawatirkan untuk bisa dia sukai lebih dari teman…wakakakakak.. alias dia gak nganggap sy akhwat…hwehwehwe apa coba… BUT THAT’S NOT THE POINT
Setelah sekian lama tidak berjumpa, he’s back… yup he’s back!! Ketemu sy dan membawa cerita yang super heboh sepanjang abad (berlebihan yah)…
SUDDENLY, dia bilang “sy dituduh NGEHAMILIN anak orang… “
W A K S!! WHAT THE?! Ngedenger itu sy diem, trus sedikit gak percaya dan langsung inget apa yang sy baca di majalah HIDAYATULLAH tentang bagaimana sikap Nabi SAW ketika di datangi seseorang yang menceritakan tentang masalah ataupun keperluannya,hendaknya di dengarkan sampai dia selesai..
Sy diem sambil menatap dia dengan tampang ah-becanda-loh-sumpah-gw-gak-percaya! Trus karena setelah pernyataan pertama dia diem aja akhirnya sy berusaha “breaking the ice” dengan bertanya “kok bisa?!” (pertanyaan bodoh yah!)
Trus dia bilang “tapi katanya bukan anak sy”
Sy semakin bingung dengan jawaban dia dan tetap bertanya “Kok bisa?!” trus dia jawab lagi “dia mau aborsi”.. kayaknya pertanyaan sy tuh gak dijawab dengan benar deh,lalu sy tanya “lu gak ‘melakukannya’ kan?” damn,dia diem dan sy makin bingung plus penasaran dan sy tanya lagi dengan intonasi yang lebih dalam “elu GAK ML ma dia kan?” sumpah deh itu tuh pertanyaan yang gak pernah bisa sy bayangkan sy tanyain ke seorang aktivis organisasi islam.. dan dia diem trus ngangguk.. !!!!
Dan tebak apa yang sy lakukan?! Hilang sudah ingatan sy tentang bagaimana Rasulullah saw mendengarkan masalah orang lain,Sy GAMPAR (tingkatannya lebih parah dari sekedar tampar hampir seperti nonjok) dia dan sy tendang kakinya sambil bilang “elu GAK ADA AKALNYA!” dan memandang dia dengan tampang lu-tuh-bodoh-banget-tauk-jgn2-lu-gak-lulus-TK-yah .. jadilah sy seorang akhwat penggampar ikhwan yang pastinya kalo di koran kampus ada kolom peristiwa mungkin sy bisa masuk ke kolom tersebut dengan judul AKHWAT PENGGAMPAR IKHWAN hehehehe… and guess what,he was bleeding on his lips.. astaghfirullahal’azhim,what did I do.. bukannya ngedengerin dan bersabar serta brusaha memberi solusi gara2 ke-emosian sy eh malah sy tampar coba.. disela-sela menahan kesakitannya dgn lirih dia blg “sy Cuma orang biasa, bukan orang suci”
DEGH,sungguh sy brasa di tampar juga,trus jadi inget betapa sy juga mungkin gak lebih baik dari dia.. sy pun minta maaf .. lalu sy blg “gw gak tau siapa yg salah…elu yang gak gak bs mengontrol diri,tmn2 ikhwah lu yg bosen utk ngajak lu kembali atau perempuan itu… tp jelas lu salah, dan sbaik2nya menyadari kesalahan itu ya dgn bertobat sebenar2nya dan bertanggung jawab dgn apa yg mungkin telah lu lakukan” (sungguh deh jadi inget jg kalo sy jg hrs tobat dgn sgala dosa yg sy buat.. astaghfirullah) dan sy juga blg “menjadi manusia bukan alesan kita boleh tergelincir karena kita punya parameter akal dan hati yg seharusnya kita pergunakan untuk menentukan nasib kita sendiri dan tentunya kita punya pedoman hidup yg Alloh berikan yaitu Al-quran” sungguh deh kdengerannya klise bgt dan sering diomongin ketika kita di tausiyahin…tapi emang itu kebenrannya kan?

Jujur .. sikap apa yg akan tmn2 lakukan jika mnghadapi hal ini??? Sy gak terlalu suka dgn org2 yg mudah pasrah dgn keadaan lalu berAlibi bahwa kita hanya manusia,tempatnya salah dan khilaf.. padahal telah diperingatkan bahwa seorang muslim haruslah menjadi manusia yg berfikr dan zikr, org2 yg berpikir harus dapat mengambil pelajaran dari pengalamannya dan pengalaman org lain… HUAAAAHHHH padahal sy jg masih suka berAlibi kayak gitu…

Lalu apakah kita atau tmn2 kita yg mungkin telah perlahan-lahan melepaskan diri dari tarbiyahnya? (tarbiyah dlm arti luas,gak cm LIQO) … pdhl mngkin perlahan2 fungsi slg mngingatkan kpd yg haq itu mulai hilang… hik hik hik… kok sy jadi takut yah?!sy suka hidup berjamaah (emang kodratnya kan), takut ditinggalkan,takut meninggalkan …

Huaaahhhhh,SALING MENGINGATKAN YAH TEMAN… dan mendoakan juga 

Oya,cerita terakhir tentang teman sy itu… sy gak tahu lagi… huaaaahhhh,kayak di sinetron yah… but hey,dunia ini emang sekedar panggung sandiwara kan? Dan akan selalu ada episode baru….

Whuaaaahhhhhh,makin dewasa kita permasalahan yang kita temui makin membutuhkan kebijaksanaan dan kesabaran yang super dalam menghadapinya… ready or not,we will grown up!! Hey GROWN UP PEOPLE!!! SMANGAT yah SEMUA!!