Sabtu, April 22, 2006

KOMODO

Biawak komodo (Varanus komodoensis) atau kerap disebut komodo saja adalah kadal terbesar di dunia, panjangnya dapat mencapai 3 meter dengan berat berkisar antara 80 sampai 140 kilogram. Komodo termasuk anggota dari keluarga biawak (Varanidae)

Komodo mempunyai indera yang kuat dan dianggap sebagai reptil yang paling maju intelegensinya.

Komodo adalah karnivora dan memburu mangsanya dengan mengendap diam-diam dan menyergap dengan cepat, mereka dapat berlari dengan kecepatan sampai 20 km/jam. Komodo juga mempunyai gigitan yang kuat, dan air liurnya yang mengandung sekitar 50 jenis bakteri membuat gigitan mereka fatal karena infeksi bakterinya. Biasanya setelah mengigit komodo akan membiarkan mangsanya dulu sebelum memakannya. Komodo juga kadang kadang berkelahi untuk memperebutkan hasil buruannya. Namun tidak seperti hewan lainnya mereka tahan kepada infeksi bakteri dari gigitan mereka sendiri.

Komodo memakan hampir semua hewan yang dapat mereka tangkap, seperti babi hutan, kambing, rusa, kerbau, bahkan sampai (kadang-kadang) manusia. Dalam seabad terakhir sudah lebih dari selusin orang yang tewas akibat gigitan komodo.

Musim kawin komodo terjadi di antara Mei dan Agustus, dan telur dikeluarkan pada bulan September. Telur komodo biasanya dijaga oleh induknya namun anak yang baru lahir (100 g dan 40 cm) tidak dijaga, malah sering dimakan. Komodo membutuhkan 5 tahun untuk tumbuh sampai ukuran 2 meter dan dapat terus hidup sampai 30 tahun.

Ada sekitar 6.000 ekor komodo yang hidup sekarang, di kepulauan Flores di Indonesia, di antaranya di Pulau Komodo (1.700), Rinca 1.300, Gili Motang (100) dan Flores (sekitar 2.000 ekor).

Komodo pertama kali dilihat oleh seorang Eropa pada tahun 1910, hewan ini kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia pada tahun 1912 oleh karya tulis Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor. Komodo juga diabadikan sebagai cap atau lambang Museum Zoologi Bogor (MZB).

Untuk melindungi komodo, pada tahun 1980 Taman Nasional Komodo didirikan